Sabtu, 25 Februari 2012

Merawat & Menangani Super KIPS Macet ( Bagian 1 )

Banyak keluhan mengenai macetnya "senjata" Ninja 150 ini. Jadi aq pikir perlu dibahas langkah penanganannya secara detail, apalagi banyak ninjer yg msh newbie (bahkan ga bisa bedain antara 2 tak & 4 tak... hahahaha... piss bro...).

Sebetulnya cara penanganannya sudah banyak di bahas di banyak treat. Di NC pun sebetulnya sudah ada Note yg membahas ini (baca Note: Solusi Super KIPS Macet...). Artikel kali ini hanya sedikit melengkapi dan menambahkan, terutama dg foto2 step by step, supaya bahkan newbie pun bisa melakukannya. Ini bukan bermaksud menggurui ya... kita saling berbagi pengalaman aja... kalo artikel ini msh ada kekurangan, mohon koreksinya...

Macetnya SKIPS bs terjadi di 2 hal:
  1. Macet di RPM bawah. Dg kata lain katup SKIPS ga mau kebuka. Kalo udah gini ninin ga bakal mau lari... larinya ketahan di RPM sktr 7.000.
  2. Macet di RPM atas. Kalo yang ini kejadian kalo abis ngebut, katup SKIPS ga mau nutup lagi.
Efeknya kebalikan yang diatas. Di RPM bawah ninin akan loyo... udah gitu suara knalpot jadi aneh... gede banget...
Tapi yang jelas, mau macet di RPM atas kek atau bawah kek, pokoknya kalo macet ya nyebelin...

Sebelum saya bahas tentang bagaimana cara perawatan dan penanganan SKIPS macet, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum kita bongkar SKIPSnya (inipun juga sudah sering dibahas sebetulnya, tapi tidak apa-apa cuma sekedar pengingat aja):
  1. Pake oli samping minimal JASO FC & semi sintetik. (Ini sudah dibahas di beberapa Note NC sblmnya... silakan digebet ulang)
  2. Sering geber sampe RPM >7.000, baik saat manasin maupun saat sudah jalan.
      Kalo aq sendiri sih ga pernah geber2 gas pas manasin mesin. Bukan apa2. Takut ditimpuk tetangga... Aq manasin mesin 2-3 menit aja tanpa digeber2, abis itu jalan pelan2 keluar komplek (ini juga blm ngebut... takut diketapel ama Pak RT). Begitu masuk jalan raya, baru aq geber2 dikit ampe >RPM 7.000, abis itu siap deh buat ngebut (ama polisi juga ga takut... hahaha). Buat ninjer yg takut ngebut, bisa aja pasang persneling rendah, trus panteng RPMnya sampe 7.000-9.000 sebentar, yang penting katup SKIPS udah bekerja (tapi aneh juga ya, beli ninja koq takut ngebut... hehehe).

Tapi itu hanya langkah preventif awal. Ada langkah preventif berikutnya, yaitu perawatan. Aq bagi jadi 2: ringan dan berat. Tapi jangan kuatir, walaupun berat tapi newbie sekalipun masih bisa nglakuin dengan aman koq. Artikelnya pun aq bagi jadi 2 bagian: Bagian I (Utk penjelasan awal & langkah perawatan ringan) dan Bagian II (Langkah perawatan lanjutan).
Siapin peralatannya. Untuk perawatan ringan minimal harus ada: obeng plus, kunci ring 10, carb cleaner (cairan pembersih karburator, merk terserah, kalo aq pake STP), chain lube (pelumas rantai atau pelumas semprot lainnya, merk terserah, kalo aq pake MTR).
Untuk perawatan berat, peralatannya harus ditambah dengan: kunci L 5, kunci ring 8, high temp grease (gemuk pelumas, merk terserah, kalo aq pake Top1) & Fanta Orange sekaleng (buat jaga2 kalo haus...).
Bagian I (perawatan ringan):
  1. Buka fairing kanan kiri (buat RR) pake obeng plus. Fotonya sudah ada di Note NC "Cara Stel Oli Samping".
  2. Buka karet penutup SKIPS (warna hitam, di kanan atas mesin) - Gbr 1.
  3. Pake kunci ring 10 di skrup batang pemutar katup SKIPS. Mainin ke kanan & ke kiri sambil semprotin carb cleaner ke bagian dalam rumah SKIPS (ke arah gigi2 mekanis) - Gbr 2 & Gbr 3.
  4. Kalo pas deket situ ada tukang tambal ban, boleh juga tuh abis disemprot carb cleaner trus minta semprot angin ke rumah SKIPSnya buat ngusir kerak/debu/pasir,
  5. Tunggu sebentar ampe carb cleanernya kering. Abis itu semprot gigi2 mekanis SKIPS pake chain lube biar licin (seperti di Gbr 3).
  6. Pasang lagi karet penutup SKIPS & fairingnya. 
Langkah ini merupakan langkah paling simpel, tapi lumayan efektif untuk mencegah SKIPS macet yang disebabkan karena penumpukan kerak/debu/pasir yang menyelinap ke gigi2 mekanisme SKIPS di rumah SKIPS. Bisa dilakukan seminggu atau 2 minggu sekali atau sesuai kebutuhan. Kerak/debu/pasir yang menempel itu bisa mengganjal gigi2 penggerak katup SKIPS yang menyebabkan gigi2 tersebut ogah bergerak. Ini bisa dirontokkan pake carb cleaner. Kalo ga ada carb cleaner, WD40 boleh juga... tapi jangan pake semprotan Baygon ya... emang mo ngusir nyamuk...

Langkah ini yg biasa dilakukan oleh mekanik bengkel resmi kalo pas service (itu juga kalo dia ga lupa). Langkah ini juga merupakan langkah darurat kalo pas lagi di jalan & tiba2 SKIPS ngambek...

Kalo pake langkah ini SKIPS msh macet juga, pake langkah perawatan lanjutan yang akan kita bahas di Bagian II, dimana kita akan bongkar mekanisme SKIPS (gigi2 dan valve).


Buka karet penutupnya


Gerakan dengan kunci ring 10 ke kanan dan kekiri


Semprot dengan menggunakan CARB CLEANER
Bersambung ke Bagian 2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar