Jumat, 09 Maret 2012

KIPS Ninja (Kawasaki Integrated Power Valve System)



Sistem Kerja KIPS

Sistem katup KIPS dan CDI bekerja sama untuk mengatur keluaran daya dari mesin agar optimal. Keduanya bertanggung jawab dalam pengaturan ukuran lubang keluaran, timing pembukaan katup dan timing pembakaran.


Langkah efektif mesin 2 tak diukur dari titik mati atas (TMA, posisi piston tertinggi) sampai ketika lobang keluaran terbuka penuh. Memperjauh jarak TMA dan lobang keluaran akan meningkatkan kompresi silinder tersebut sebab terjadi penambahan volume udara yang termampatkan. Pada RPM rendah, rasio kompresi yang lebih tinggi akan membuat mesin dengan segera menghasilkan tenaga yang optimal, tarikan akan terasa enak. Pada RPM tinggi diperlukan rasio kompresi yang rendah, stroke efektif yang lebih pendek sehingga tidak terjadi pembakaran sebelum waktunya (detonasi) yang akan membuat mesin terlalu panas.


Untuk dapat memahami arti pentingnya tekanan gas buang dan kecepatannya kita harus memahami metode pembuangan gas buang pada mesin 2 tak,
http://unic-ungaran.blogspot.com/2012/03/tentang-knalpot-motor-2-tak.html/ maka penting sekali pewaktuan terhadap kedua hal tersebut sehingga menghasilkan tekanan balik yang akan menambah volume udara (bersama BBM yang tidak terbakar) ke dalam silinder, sehingga menambah jumlah masa campuran siap bakar di dalamnya. Sebagai perbandingan dengan mesin 4 tak, XR 250 membakar 220cc campuran BBM/udara setiap rotasi 720° sedangkan mesin 2 tak KDX 200 membakar 288 cc campuran BBM/udara setiap rotasi 360°. Jadi mesin 2 tak secara teori dapat menghasilkan tenaga dua kali lipat dengan volume silinder yang sama.



*Kerja Knalpot menambah volume udara ke silinder*

Jadi bagaimana pewaktuan tekanan gas buang dan kecepatannya meningkatkan performa mesin 2 tak? Jadi tekanan gas buang dan kecepatannya mempengaruhi apakah udara tak terbakar (warna hijau) dapat secara optimal kembali ke silinder untuk dibakar. Pada RPM rendah gas-gas ini kembali ke silinder terlalu cepat sehingga malah tidak bisa masuk ke silinder sebab lobang keluaran belum terbuka, sementara pada RPM tinggi gas-gas ini kembali terlalu lambat sehingga hanya sedikit yang bisa masuk ke silinder, lobang keluaran hampir tertutup.

Fungsi KIPS menambah performa pada RPM rendah maupun tinggi

Sistem KIPS tersusun dari serangkaian poros yang dididorong oleh pegas, pada kecepatan RPM tertentu (kira2 6000 RPM) gaya sentrifugal akan lebih kuat sehingga mendorong beban ke samping dan mendorong pegas maupun katup geser dan membukanya.

Pada RPM di bawah 6000, katup geser menutup dan mengakibatkan bertambahnya stroke efektif sehingga rasio kompresi naik dan sangat cocok memberi tenaga optimal pada RPM rendah. Katup geser tertutup akan melambatkan kembalinya gas-gas dari knalpot. CDI akan bekerja merubah pewaktuan pembakaran dari 6° TMA ketika stasioner sampai 21° TMA pada 6000 RPM. Dan diharapkan akan diperoleh tekanan yang paling tinggi di dalam silinder. Jadi CDI dan katup KIPS bekerja bersama-sama.

KIPS generasi awal (1995 ke bawah) menggunakan katup berputar sedangkan seterusnya menggunakan katup geser.







Cara Perawatan KIPS ??

Tentang Knalpot Motor 2 Tak

Berbeda dengan mesin 4 tak, mesin 2 tak tidak menggunakan katup untuk memasukkkan campuran bahan bakar-udara dan mengeluarkan gas buang , namun menggunakan piston, bentuk ruang bakar itu sendiri dan kanlpotnya. Seperti gambar berikut ini 




*System buang gas Knalpot*
bisa di liah dari ilustrasi gambar di atas. ada gas balik yg mendorong kembali gas segar yg keluar melewati ruang bakar.

nah gas balik ini berhubungan dengan knalpot, dari segi ukuran sudut setiap lekukan di knalpot. jadi ada yg bilang knalpot penyok bisa mengurangi performa, kenapa..?? karena ukuran dari perut itu sendiri udah berubah, baik volume dan sudut yg terbentuk oleh lekukan [penyok]. tersebut.

nah ketika kita melakukan perhitungan knalpot ada dua, ini rahasia dari tmn yg sering itungan sama knalpot.
knalpot 2 tak terdiri dari 2 jenis itungan :

1. Dengan selencer
Itungan dari mulai ujung [lubang out] sampai dengan ujung selencer [yg nongol dikit itu lhooo......]

knalpot ini mempunyai ciri2 ujung saringan menyatu [menyambung] dan langsung ke ruang perut knalpot. misal knalpot ori F1zr. jadi ketika kita mengganti selencer aja, makanya ada pengaruh ke mesin, klo ukuran ke panjangan [di ukur dari ujung out sampai ujung selencer] dari standar [bawaan] maka nafas jadi panjang,dan acceleration jadi berkurang. dan sebaliknya. klo kependekan maka nafas jadi pendek dan topspeed loyo.
analoginya gas buang jadi cepat keluar, klo cepat keluar maka acceleration mantap, dan bagus buat trek pendek.
ini bisa juga di terapkan ke pada knalpot kolong yg notabane memakai selencer yg langsung menyatu ke perut. jadi dengan mengganti selencer saja bisa berakibat ke tenaga.

2. Tanpa selencer.

Itungan ini bisa di liat di perut knalpot ori ninja R [bukan RR yg kolong], karena knalpot ini mempunyai sekat dan selencer tidak langsung menyatu ke perut knalpot, tapi di pisahkan oleh sekat yg berfungsi mengurangin suara dan polusi udara [catalisator]. sekat terujung berada di dalam selencernya. jadi klo ninja ganti selencer tapi perutnya masi pke ori, jadi gak ada pengaruhnya, karena itungan knalpotnya hanya sampai perutnya saja.

Senin, 05 Maret 2012

KMI hanya Berikan yang Terbaik bagi Konsumen Indonesia


Ternyata pihak PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen di tanah air.
Freddyanto Basuki, selaku Marketing & Advertisting Dept Head PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengungkapkan, “Sebenarnya sejak lama kami ingin menjual motor berkapasitas besar dengan peruntukan turing akan tetapi kami ingin memberi yang terbaik dan terbaru. Jadi kami menunggu saat yang tepat dan baru sekarang ini bisa kami launching secara resmi”
Memang di saat menjelang peristiwa 31 Mei (launching Kawasaki Ninja 250), di Thailand juga diproduksi Kawasaki Er6n. Er6n mengingatkan akan moge Eropa yang menonjolkan rangka dan warna polos serta sosok yang kekar.
Baik Er6n maupun Er6f (disini disebut Ninja 650,red) yang ditawarkan oleh KMI adalah generasi teranyar yang bakal dirilis tahun 2012.
Dari sisi banderol yang bermain di angka 100 jutaan, membuat orang seketika membandingkan dengan Kawasaki ZX6R yang launching pertengahan tahun ini.
”Jangan salah. Meski dari kapasitas hampir sama, ZX6R adalah motor balap sedangkan dua motor ini (Er6n & Ninja 650,red) memiliki tipe turing. Perhatikan saja jok pemboncengnya yang besar dan pastinya akan lebih nyaman. ZX6R dibanderol 200 juta lebih karena memang untuk balap, 4 silinder segaris, dan bahan eksotis titanium ada pada motor ini yaitu pada klep maupun camshaft”
Sedangkan untuk aksesoris Two Brothers ini Freddy menjawab, “Untuk sementara kami fokus pada jualan terlebih dahulu untuk aksesoris saya percaya bila orang kita cukup kreatif membuat part aksesoris ini sudah terbukti di produk kami, Ninja 2 tak maupun 4 tak”






Rahasia Kawasaki Ninja 150 2 tak Tetap Eksis "Pendapat Pribadi"




Baru baru ini blog sempet rame ramenya ama pemberitaan kalau Kawasaki Ninja 150 mau keluar versi yang baru, maksudnya yang fairingnya baru  , macem macem dah yang diributin ada yang ngerasani kok belum pake mesin 4 tak injeksi kayak motor2 baru, banyak yang kagum akan modelnya yang tambah gagah (termasuk saya juga hehehe), bahkan ada yang masih memuja Ninja 150 sebagai motor yang lebih worth it daripada CBR150 warna Repsol, beneran ta? ya tergantung orangnya aja  .
Angkat besi Minato Namikaze Hokage Monster Godzilla topi buat Ninja 150 karena inilah satu2nya motor 2 tak yang masih diproduksi di Indonesia dan satu-satunya motor kelas Light sport bike 2 tak yang berhasil bertahan dari krisis moneter gede-gedean pada masa itu, yang tahun 1998-an itu lhoo. Padhal Kawasaki pada zaman itu belum punya nama setenar Honda (NSR 150 SP), Yamaha (TZM150), dan bahkan Suzuki (RGR150) pada didiscontinue semua. Wah sakti donk, kenapa yo kok Ninja 150 isa bertahan? soalnya masih ada yang mau beli barunya 
Kenapa kok masih masih adanya yang mau beli motor 2 tak hi-end buatan Kawasaki ini? nah inilah pendapat pendapat saya, sorry kalau agak subyektif  bahkan ngawoor hehe.
1. Harganya paling murah di kelasnya (paling ga sekarang jadi masuk akal lah)
Ga tau sih harga NSR waktu pertama launching wonk saya masih baby   , tapi waktu SMP, Harga awasaki Ninja 150 jauhh lebih murah daripada saingannya Honda CBR150 Built up,  Harga CBR150 Built Up katanya temen SMP (kalau dia ga mbujuk) sekitar Rp 45 jutaan, Lha harga Ninja 150 sekarang aja di kisaran Rp 34juta-an, berati jaman dulu lebih murah lagi donk. Cuma kalau orang yang mau kelihatan sugih alias kaya alias yu jien ren pasti pilihnya CBR 150 built up, salahkah mereka? ane rasa ga salah kan itu duit duitnya dia dan memang gengsi CBR150 pas itu naek gara gara CBR600 yang waktu itu juga dimasukin IU (Importi Umum) ==> apa mungkin jaman saya SMP (2004-2007) kalau naik CBR150 rasanya kayak naik CBR1000 yo??? (bodo amat yang jelas ga pernah megang hehe)
2. Mesinnya itu lhoo
Kata Sun Tzu kalau menyerang musuh harus dari sisi paling lemahnya, jangan one by one dari sisi paling kuat, ajur dewe (kalau hoki ya hancur bareng :mrgreen: ) mungkin ini yang dipake Ninja, dengan harga yang masuk akal dan menang di sisi mesin, maka inilah yang dijual ninja, mesinnya. Yup walaupun mesinnya kalah teknologi ama CBR150 PGM-FI tapi Ninja 150 bisa ngasepin CBR150 AHM kan? nah itu yang dijual Ninja. Kalau jualan top speed dan akselerasi sopo seng beli, tentu aja Speed Freak Boy lah. Makanya Motor ini banyak dipake di balapan baik itu balapan resmi ama balapan liar.
3. Desainnya Keren
Ninja 150rr NEW (katanya rilis bulan Maret)
Kawasaki Ninja

Ciri khas desain ninja adalah model tangkinya yang atasnya rata dan bokong yang agak runcing sitik membuat yang naik motor ini paling ga tambah ganteng 1 level (asal ga diganti ban super tipis ae, jadi cungkring deh). Apalagi kalau lihat model barunya yang waoooow, betulnya ga terlalu banyak berubah cuma fairing, Headlamp (yang menurut ane kayak Ninja 250), dan striping fairing membuatnya tetep kayak Ninja 2 tak dan ga ketinggalan jaman. Alamat penjualannya naik lagi buat tahun ini.
4. Nama besar Kawasaki yang awet dan Image Ninja 150 sebagai motor kenceng
Kalau tanya ama orang yang eksis di tahun 80-an yang ngikutin motor, Kawasaki Binter Merzy itu terkenal mesinnya yang kuat awet dan bandel pokoknya bisa dipertanggung jawabkan deh, apalagi walaupun ATPM Kawasaki KZ200 Binter Merzy (PT. Bintang Terang-nya Suk Edy Tanzil) sudah tutup, tapi konon katanya sparepartnya dan perawatannya ga terlalu susah. Makanya beberapa orang (walaupun ga banyak) jadi FBK (Fans Boy Kawasaki). Masa papa-nya temen ane sampe bilang “Kaze itu lebih enak daripada Supra, potongen jarine papa nek ga enak”.
Binter Merzy
Nah soal nama besar Ninja, Ninja 150 (yang nama aslinya Kawasaki Serpico -Tolong tempeleng kalau salah-) yang sudah lama beredar dan terkenal sebagai motor kencang pasti mengundang para pembeli berdatangan kan? hehehe. Apalagi ini satu2nya dua tak di Indonesia yang masih baru, pasti 2 stroke Lovers akan memburunya kan hehehe. Jadi seperti kata temen saya Kawasaki + Ninja jaminan motor banter yang awet punya (tapi tergantung sampeyan ngerawatnya aja fren)

Ya itu tadi pendapat ane kenapa kawasaki Ninja 150 masih tetap eksis hehehe  kalau salah mohon dikoreksi, dikritik, ditampar, dilempar bakiak, ditempeleng dan dipisuhi
Nah menurut sampeyan para pembaca apa yang bikin Nih motor masih eksis 

n:h � e i 0� 8 � : both; border-top-left-radius: 0px !important; border-top-right-radius: 0px !important; border-bottom-right-radius: 0px !important; border-bottom-left-radius: 0px !important; zoom: 1; color: rgb(55, 55, 55); font-variant: normal; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: -webkit-auto; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-size-adjust: auto; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: rgb(255, 255, 255); ">